STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN DEBITUR PADA PINJAMAN KUPEDES DI BRI UNIT TEMBOKREJO, MUNCAR BANYUWANGI

Authors

  • Laily Hidayati Rosyidi STAI Darul Ulum Banyuwangi
  • Azy Athoillah Yazid STAI Darul Ulum Banyuwangi

Keywords:

Strategi, Komunikasi, Pinjaman, Kupedes BRI

Abstract

Kunci utama keberhasilan dari usaha perbankan adalah kepercayaan, baik itu dari pihak bank maupun dari nasabahnya. Dengan adanya kepercayaan tersebut pihak bank dapat memberikan pelayanan terbaik, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada para nasabahnya. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Tembokrejo merupakan lembaga kuangan mikro yang keberadaannya di tingkat kecamatan yang ada di daerah muncar. BRI Unit ini bertujuan melayani masyarakat dan pengusaha kecil di daerah pedesaan di seluruh Indonesia khususnya di Kecamatan Muncar. Selain menyediakan jasa untuk para pengusaha kecil, BRI Unit ini juga berusaha memberikan fasilitas-fasilitas dan kemudahan-kemudahan seperti halnya dalam memberikan pinjaman pada para nasabahnya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kulaitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa startegi komunikasi dalam meningkatkan debitur pada pinjmaan Kupedes di BRI Unit Tembokrejo kecamatan Muncar kabupaten Banyuwangi adalah bahwa prosedur yang harus diberikan kepada calon debitur pada pinjaman kupedes yaitu sudah disajikan oleh pemrakarsa Kupedes (Mantri) serta diwujudkan dalam bentuk formulir pembahasan kredit yang didasarkan pada evaluasi yang objektif dan juga sistem pemberian Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) pada BRI Unit Tembokrejo yang sudah berjalan dengan baik.

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles