REKRUTMEN GURU DENGAN METODE REFERRAL EMPLOYEE PROGRAM

Authors

  • shabib rahmat STAI Darul Ulum Banyuwangi
  • Adib Habibi STAI Darul Ulum Banyuwangi
  • Arif Abdur Rahman STAI Darul Ulum Banyuwangi
  • Ishom Fuadi Fikri STAI Darul Ulum Banyuwangi

Keywords:

rekrutmen, referral employee

Abstract

Rekrutmen merupakan serangkaian aktivitas untuk mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemamp uan, keahlian dan pengetahuan yang diperlukan guna mennutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian.

Dalam dunia Pendidikan rekrutmen guru merupakan salah satu aspek yang paling penting, karena dengan SDM yang baik pada suatu Lembaga Pendidikan akan menjadikan kualitas keluaran dari Lembaga tersebut menjadi berkualitas.

Salah satu metode rekrutmen adalah dengan Rekomendasi karyawan (Referral employee) yang merupakan saluran  rekrutmen yang cepat dan relatif tidak mahal. Untuk posisi tenaga teknik, ahli, dan profesional, rekomendasi karyawan dapat membantu perusahaan membajak karyawan brillian dari perusahaan lain. Karyawan yang baru direkrut dari perusahaan lain sering membawa wawasan  baru ataupun klien baru ke dalam perusahaan.

Dalam proses rekrutmen Mts Darul Ulum menggunakan metode rekomendasi karyawan (Referral Employee) metode ini dianggap cukup efektif karena seluruh staf dan guru yang berada di Lembaga tersebut bisa turut serta memberikan nama-nama kandidat yang bisa mengisi jabatan yang kosong, selain itu metode ini juga dianggap efisien karena hampir tidak mengeluarkan biaya untuk melakukan rekrutmen.

Downloads

Published

2023-01-31

Most read articles by the same author(s)